Journey to Mt. Rinjani & Exploring Sumbawa (Part 3:Pulau Kenawa & Moyo)

Setelah perjalanan sekitar 3 jam dari basecamp Senaru kami sampai di Pelabuhan Kahyangan sekitar jam 4 dan buru-buru membeli tiket kapal agar bisa langsung menyebrang karena kita sudah molor dari schedule awal. Kapal ini akan membawa kita ke Pelabuhan Pato Tano di Sumbawa (perjalanan sekitar 2 jam) dan untuk menuju Kenawa kita harus menyebrang naik kapal nelayan sekitar 15 menit (PP sekitar 200-300rb) dari pelabuhan ini, mudah-mudahan kita masih bisa menyebrang karena kalau sudah kesorean dan ombak tinggi maka kapal tidak bisa menyebrang. Untunglah sesampainya disana kami langsung ketemu dengan Bapak pemilik kapal dan deal dengan harga 300rb PP, mungkin bisa lebih murah tapi hari sudah sore dan tidak banyak juga kapal yang standby hari itu, aku sudah sedikit malas untuk nego harga.

Saat kami tiba hanya ada kapal Sailing Lombok yang sedang berlabuh, beberapa orang tampak snorkeling di tepi pantai, menurut info dari nahkodanya mereka malam ini akan menuju Pulau Moyo. Jadi malam ini hanya ada kami dan 1 grup yang datang menyusul beberapa jam kemudian tetapi mereka tidak kemping, hanya tidur di saung yang ada di pulau ini jadi hanya tenda kami saja yang berdiri di tengah-tengah pulau ini, serasa kitalah pemilik pulau ini.

Kenawa merupakan pulau padang rumput hanya ada beberapa pohon-pohon di pinggir pantai jadi udara di Kenawa sangat panas walaupun malam hari, bisa dibayangkan esok pagi panasnya seperti apa. Kegiatan malam ini hanya duduk di depan api unggun, mendengarkan musik dan menikmati heningnya malam dan semua sibuk dengan pikiran masing-masing. Kita harus hati-hati disini akan bahaya ular, namanya juga padang rumput, tetapi info ini malah membuatku agak parno apalagi kalo harus pergi buang air kecil tetapi untunglah tidak ada apa-apa sampai kami terbangun esok paginya.

Semburat jingga didepan tenda, matahari seolah-olah muncul dari dalam lautan, pesona alam yang sangat indah dan sepi, sekali-kali kita memang sangat membutuhkan saat-saat seperti ini. Sebelum terik matahari menggigit, kami pun mulai merangkak ke puncak bukit pulau kenawa ini, yeah rasanya sepertinya merangkak, karena tiap kali kaki ini diajak menanjak betis dan paha ini rasanya mau copot, tapi sayang sudah jauh-jauh kesini tidak naik sampai puncak ini, karena view yang ditawarkan pantang untung ditolak.

Puas dengan pemandangan waktunya membongkar tenda mencari spot yang lebih teduh dan saatnya snorkling. Underwaternya? Menakjubkan! Seperti hamparan permadani warna pink (tapi kata Harry bukan pink), ikannya walau tidak begitu banyak tetapi variatif, kita banyak menemui ikan-ikan unik dan colourful dan satu lagi yang membuat aku cinta tempat ini adalah air lautnya tidak lengket di kulit, rasanya seperti mandi air tawar biasa, rambutpun tidak terasa lengket, aku suka! Puas snorkling kami siap-siap untuk kembali ke Pato Tano, Bapak kapal akan menjemput kami segera. Oh iya, disini kejadian lucu (ato adegan nekad Pampam). Pada saat snorkling aku memanggil Pampam untuk maju lebih ketengah karena viewnya yang lebih bagus dibanding posisi dia sekarang. Perlahan dia maju, aku dan Harry menunggu dengan sabar tetapi ia tak kunjung sampai malah aku melihat ia seperti struggle untuk maju, seperti orang panik yang akan tenggelam. Aku pun mulai worried dan minta tolong Harry untuk nyamperin Pampam dan ternyata ia emang panik karena kakinya tidak bisa menginjak dasar lagi dan ternyata ia tidak bisa berenang dengan lancar (ia tidak bisa mengapung/water trap), ya ampun Pampam dan kita tidak ada satupun yang tahu soalnya die tanpa ragu nyebur sih. Dia takut habis itu? Tidak! Cuma dia lebih hati-hati, tidak mau kalau dia tidak bisa menginjak dasar dan kami pun tidak meminta dia untuk lebih ke tengah, cukup dipinggir aja ya Pam but anyway salute to her.