Trip ke Ujung Barat Indonesia, Pulau Weh (Part 4: Sabang-Banda Aceh-KL-Jkt)

Hari ini kami akan menginap di tempat teman di Banda Aceh tetapi sebelumnya kami akan explore kota Sabang. Disaat sibuk packing tiba-tiba salah satu teman jatuh sakit, kami agak pesimis ia kuat untuk menyebrang ke Banda Aceh hari ini jadi itinerary pun diatur ulang. Kami akan berangkat ke Sabang setelah ia sedikit baikan, menginap di Sabang dan besok pagi berangkat ke Banda Aceh.

Dengan tidak enak hati kami menelepon teman di Banda Aceh dan membatalkan rencana menginap, tidak enak karena ia sudah menyiapkan makanan untuk kami, tetapi untunglah ia bisa mengerti. Sekitar pukul 1 siang, kami diantarkan ke Teupin Layeu dengan kapal melalui jalur laut, waktunya meninggalkan kota Iboih.

Spot pertama yang kami kunjungi adalah tugu KM 0 (sertifikat bisa didapatkan di warung sekitar) dan kemudian dilanjutkan dengan pantai kasih yang sudah tidak terawat lagi.
image
image
Dalam perjalanan si bapak supir menawarkan apakah kami mau melihat air terjun, tapi harus trekking sekitar 20 menit, tentu saja kami berminat. Tracknya sudah bagus, bahkan ada yang sudah disemen sehingga bisa naik motor kedalam dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.
image
image

Perjalanan dilanjutkan ke spot untuk melihat pulau Klah dan menikmati rujak Klah yang menurutku rasanya biasa saja.
image
Persinggahan terakhir sebelum mencari hotel adalah rumah sakit Sabang untuk berobat, agar besok badannya fit untuk menyebrang. Hotel the Freddie dan Casanemo penuh, jadi kami harus cukup puas tinggal di hostel Perdana Beach, untuk mengakses pantai kita bisa masuk dari Casanemo.

Tanpa membuang waktu kami bertiga (teman yang sakit istirahat di hotel) langsung explore kota Sabang. Yang pertama adalah pantai Sumur Tiga, nama ini diberikan karena di sepanjang pantai ini terdapat 3 sumur air tawar, yang pertama letaknya berada di pantai sebelum hotel the Freddies, yang kedua ada di Freddies dan yang ketiga ada di hotel Casanemo.

Spot kedua adalah goa jepang yang posisinya dekat dengan pantai anoi hitam. dan landscape sepanjang jalan di Balohan. Sebelum pulang membeli oleh-oleh bakpia Sabang (rasanya enak), makan mie aceh & kopi …..di daerah simpang lima, rasanya enak dan pelayannya juga baik, dapat free beberapa bolu (rasanya juga enak). Untuk membeli pernak-pernik lebih murah jika beli di toko di depan pujasera Sabang, akesorisnya lucu-lucu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s