Europe, Die Die Must Go (Part 6:Vatican, Italy)

Hari ini kami akan berjalan sendiri dengan tujuan Vatikan dan kami hanya punya waktu sampai sore karena akan mengejar train ke Florence.Vatikan

Sebelumnya kami sudah disarankan untuk berangkat pagi untuk menghindari antrian masuk ke gereja St. Petrus dan museumnya. Mungkin karena terlalu letih dan belum cukup istirahat kami bangun agak siang bahkan pemilik hostel harus membangunkan kami dan mengantarkan sarapan kami ke kamar. Wow, what a total service.

Dengan metro kami mencapai Vatikan, tetapi untuk sampai kesana harus ditempuh dengan sedikit berjalan kaki. Sepanjang perjalanan, banyak orang-orang menawari tour untuk masuk ke museum Vatican dan St Petrus tetapi dengan sopan kami menolaknya tetapi begitu sampai di Vatikan, antrian untuk masuk ke St Petrus sudah sangat panjang.

Antrian yang sudah panjang

Karena waktu kami singkat, akhirnya kami terpaksa ikut tour agar  tidak perlu mengantri untuk membeli tiket masuk ke museum Vatikan dan kami cukup beruntung karena kami diberi harga student.

Maksud ke dalam koridor museum Vatikan benar benar mengagumkan begitu indah, apalagi Sistine Chapel, seluruh dindingnya dan langit langitnya penuh dengan lukisan Michaelangelo.

Inside Sistine Chapel
Sistine Chapel

Benar benar tak bisa dikatakan dengan kata kata. Museum Vatican dan Gereja St Petrus langsung berhubungan sehinga kami tidak perlu keluar museum untuk menuju St Petrus. Dari Vatican Museum kami berjalan dari koridor seperti ruang bawah tanah, melalui kuburan kuburan para Paus (tetapi bukan seperti kuburan pada umumnya) dan sampailah kami di gedung utama St Petrus, Basicila St Petrus.

St. Petrus

Setelah puas melihat-lihat kami kembali ke hostel untuk mengambil tas dan langsung menuju stasiun kereta Termini.