Journey to El Nido-Palawan (Part 2 – Puerto Princesa-El Nido)

Part 1

Day 1, 5 June 2014

Pesawat mendarat di bandara Puerto Princessia sekitar pukul 17.30 dan kami harus menuju terminal San Jose untuk membook tiket RORO bus yang jam 10.00pm agar tiba di El Nido pagi hari, jadi bisa hemat penginapan 1 malam. Dari bandara ke Jan Jose bisa ditempuh dengan cara :
1. Hire tricycle langsung dari bandara ke San Jose, tarif PHP 120.
2. Berjalan keluar bandara, bisa charter tricycle sampai junction (cost PHP 20-30) dan dilanjutkan dengan multicab jurusan San Jose, cost PHP10/each. Sebenarnya kita tidak perlu charter tricycle karena fungsinya sebenarnya sama seperti angkot, dikenakan ongkos per orang (sepanjang arah tujuannya sama) tapi karena tidak familiar dan takut nanti kena scam, kami selalu charter.

Rencananya naik tricyle ke junction, tapi karena misunderstanding akhirnya kami membayar PHP 50 dari bandara-junction  .

Entah kami yang kurang beruntung atau memang penumpang lagi padat banget, rata-rata multicab jurusan San Jose yang lewat pada penuh, sehinga kami menunggu agak lama dan saya memutuskan untuk mengajak calon penumpang yang lain untuk sharing cost . Kami beruntung mendapatkan teman sharing yang ternyata berjodoh dengan kami, dan bahkan teman baru ini menjadi teman trip selama di El Nido. Awal yang baik untuk memulai perjalanan ini.

Perjalanan ke El Nido kurang lebih 5-6 jam, hampir setengah perjalanan jalanannya kurang bagus, apalagi si supir membawa busnya dengan kecepatan tinggi, kami seperti mengendarai roller coaster. Bus behenti dua kali di Roxas dan Tay – Tay, sempat ke toilet di perhentian di Tay-tay awalnya agak takut takut dengan kondisi toiletnya apalagi agak gelap, tetapi ternyata kondisi toiletnya cukup bersih jauh dari bayanganku. Jadi malu ama kondisi toilet umum khususnya pemberhentian bus di negaraku.

Setelah banyak penumpang turun di sepanjang jalan, kami mulai menjajah kursi dengan rebahan di kursi, lumayan ngelurusin kaki tetapi tetap tak bisa memejamkan mata. Sekitar pukul 11.30 kami sampai di terminal RORO bus Corong – Corong, walaupun sudah larut malam masih banyak tricyle jadi tidak cuma ya harganya lebih mahal dibandingkan siang hari. Kami membayar PHP 60 untuk untuk sampai di penginapan Tay Miloy’s Inn, di El Nido Town Proper (bukan beachside).

Karena Tracy jadinya booking 2 room, kami diupgrade ke hostel yang lebih bagus (masih sodara sih katanya) tapi aku malah senang karena bentuknya seperti cottage walaupun kecil dan toiletnya sangat bersih. Normal price katanya sih PHP 700, tetapi karena pihak hotel Tay Millionay sudah terlanjur kasih rate PHP 300, terjadilah musyawarah untuk mufakat, tentunya yang jadi juru bicara adalah Tracy dan akhirnya deal-lah harga PHP 400, masih termasuk murah.

Beberapa blog yang berguna sebagai panduan:
1. http://www.walkflypinoy.com/2013/04/guide-travel-el-nido-philippines.html
2. http://www.ironwulf.net/2013/01/08/transit-roro-bus-to-el-nido-from-puerto-princesa-palawan/