The Road Journey to Mt. Semeru (2)

Day 2, Malang – Tumpang – Ranupani – Ranu Kumbolo

Rencana awal yang seharusnya “ngeteng” dari stasiun Malang ke Tumpang sedikit berubah, karena adanya sedikit misunderstanding. Angkot yang telah diarrange sudah menunggu di stasiun kota lama Malang dan akan mengantarkan kami langsung ke Tumpang, cost Rp. 150.000. Dari Tumpang kami menyewa jeep,cost Rp.550.000 ke desa Ranupani sebagai start point pendakian ke Semeru. Jalur yang kami ambil adalah jalur gunung ayek-ayek , yang merupakan jalur pintas yang biasanya dipakai pendaki lokal, jalurnya lebih ekstrim, curam dan mostly menanjak tetapi bisa “irit” waktu sekitar 2 jam.

jalur pendakian gunung ayek-ayek

Setelah melalui medan terjal yang rasanya tidak ada habis-habisnya (kurang lebih 1 jam), jalur mulai menurun dan kita haru menyusuri tebing terjal sekitar 30 menit kita tiba di tempat yang agak datar,celah antara pertemuan dua gunung, tetapi tebing terjal yang harus kita turuni terlihat agak sedikit menyeramkan, sangat ekstrim, kemiringan sekitar 60° tetapi sedikit berkelok kelok, untunglah hanya sekitar 15 menit dan dilanjutnya dengan turunan terjal yang menurutku tidak begitu ekstrim.

Turunan terjal yang akan dilalui
Turunan terjal jalur ayek ayek

Setelah menuruni tebing terjal sekitar 30 menit, kita sampai di padang rumput yang sangat luas yang disebut Pangonan Cilik, kalo kata teman saya “tempat video klip”. Kita sampai disini sekitar jam 5.30 tetapi cuaca sudah mulai gelap sehingga pemandangan tidak begitu bisa kami nikmati.
Setelah makan malam dan berbincang-bincang sejenak dengan yang lain, waktunya untuk beristirahat karena besok perjalanan masih panjang.

Day 3, Ranu Kumbolo – Kalimati

Sunrise at Ranu Kumbolo

Kami bangun jam 5 pagi untuk melihat sunrise tapi sepertinya sang mentari malu malu untuk muncul sehingga yang kelihatan hanyalah semburan warna jingga di langit. Team yang akan pulang hari ini telah berangkat ke Tanjakan Cinta dan Oro Oro Ombo, padang “Lavender” sementara kami menghabiskan pagi di sekitar Ranu Kumbolo dan berangkat ke Pangonan Cilik sekitar jam 6 pagi untuk berexist ria.

Kesibukan pagi hari di Ra Kum
Ranu Kumbolo dng Tanjakan Cintanya
Pangoyan Cilik
Pangoyan Cilik again

Sekitar jam 10 pagi team Rakum bersiap kembali ke Ranu Pani untuk meneruskan perjalanan ke Bromo dan kembali ke Jakarta sedangkan kami berenam bersiap siap juga untuk meneruskan perjalanan ke Kalimati.
Tepat dibelakang area camp Ranu Kumbolo adalah Tanjakan Cinta dan menurut mitos jika kita melalui tanjakan cinta ini dengan memikirkan orang yang kita suka maka akan berakhir happy ending, so lets give it try.

View RaKum dari Tanjakan Cinta

Dari puncak Tanjakan Cinta, kita bisa melihat pemandangan Ranu Kumbolo dan hanya berjarak 15 menit dari sini padang “Lavender” (Oro Oro Ombo) menunggu kita didepan. Untuk menuju post selanjutnya (Cemoro Kandang) kita bisa melewati tengah padang ini atau bisa juga dari atas bukit bukit diatasnya.

Oro-oro ombo
The Pathway at Oro-Oro Ombo

Cemoro Kandang berjarak sekitar 30 menit dari sini, kadang kadang ada warga yang berjualan nasi kucing, gorengan dan minuman tapi jangan berharap terlalu banyak, sebaiknya makanan dan minuman dipersiapkan dari Rakum. Cemoro Kandang

Dari cemoro Kandang kita melanjutkan pendakian ke Kalimati, jalur pendakian sudah mulai menanjak, perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai di Kalimati. Spot perhentian terakhir sebelum Kalimati adalah Jambangan, dari ini kita bisa melihat puncak Semeru dengan sangat jelas bahkan jalur pendakiannya.

Semeru view dari Jambangan

Kami sampai di Kalimati sekitar jam 3 sore, bangun tenda dan istirahat untuk persiapan muncak malam ini.

Track Pendakian Kalimati
Edelweis & bunga2 liar sepanjang track
Track jambangan-Kalimati

Day 4, Summit Attack, Kalimati-Ranupani

Jam 10.30 kami bangun untuk persiapan summit attack dan tepat jam 11 kami berlima ditemani seorang porter berangkat untuk summit attack yang diikuti dengan pendaki lain. Jalur pendakian sangat ekstrim, kiri kanan ada jurang sehingga kita harus sangat extra hati hati dan sepanjang jalan juga ada akar akar pohon yang mesti dihindari sehingga mata benar benar harus awas. Perjalanan kurang lebih 1 jam menuju Arcopodo (sepertinya kami on track), baru kemudian dilanjutkan dengan medan yang lebih berat, menyusuri sisi gunung Semeru dengan kemiringan sekitar 75° dengan medan berpasir kasar dan berbatu batu, menggunakan sepatu trekking/sepatu gunung sangat disarankan disini.

Track Mahameru

Awalnya sempat kuatir tidak akan mampu melalui track ini karena banyak pendaki yang lain (bahkan cowok) tidak bisa sampai puncak dan membaca blog blog tentang semeru yang menuliskan betapa sulitnya track ini, pijakan pasir yang tidak padat akan “longsor” waktu kaki menapak sehingga sempat membaca istilah “naik satu turun tiga” tetapi jujur setelah mengalami sendiri, tidak benar benar seperti yang mereka lukiskan di blog. Memang benar pada saat kaki menapak ke atas, pijakan akan turun sedikit ke bawah karena pondasi yang tidak padat, trik yang saya baca baca di blog adalah ikuti pijakan kaki yang ada di depan kita dan really itu sangat berguna. Tidak perlu bergerak terlalu cepat tetapi yang penting konsisten, tarik napas yang teratur karena semakin kita ke atas semakin tipis oksigen yang dapat kita hirup dan semakin dingin udara yang menusuk kulit kita, tidak disarankan untuk beristirahat terlalu lama.
Sayang sekali seorang teman harus kembali ke post Kalimati karena tiba tiba hujan gerimis turun di tengah pendakian dan juga karena badannya kurang fit, jadi yang sampai puncak cuma berempat setelah menempun perjalanan kurang lebih 6-6.5 jam (really not bad) and it feels awesome.

Sunrise view@Mahameru
Wedhus Gembel
Here we are@Mahameru

Kami menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam diatas untuk menikmati pemandangan, tapi sayangnya cuaca tidak begitu cerah. Tidak begitu banyak pendaki yang berada di puncak, mungkin kemarin adalah puncak keramaian disini. Jalur turun jauuuh lebih mudah karena saat menapak di pasir, pasir longsor sehingga langkah jadi lebih panjang, kami bahkan “berselancar” disini, so much fun. Medan pasir yang tadinya ditempuh dalam waktu 5 jam bisa ditempuh hanya dalam 1 jam udah plus photo-photo lagi.

Perjalanan pulang ke Kalimati ditempuh kurang lebih 1 jam lagi sehingga total perjalanan pulang sekitar 2 jam saja, dan saat perjalanan pulang ini kita baru bisa benar benar melihat jalur pendakian yang ditempuh tadi malam, sebelah kiri dan kanan jurang dan ditepi tepi jurang tersebut tumbuh banyak sekali edelweis.
Sampai di pos kalimati kami beristirahat sejenak, bersosialisasi dengan pendaki lain dan bersiap siap untuk kembali ke Ranupani sambil mendengarkan cerita creepy.

Perjalanan pulang ke Ranupani kami mengambil jalur melalui Watu Rejeng, yang ditempuh kurang lebih 9 jam. Entah karena badan sudah begitu sangat letih dan hari yang sudah gelap saat melalui jalur ini, aku merasa bahwa jalur ini lebih boring dan melelahkan karena jalur yang berputar-putar, seolah olah kita mengelilingi sebuah gunung yang tidak ada habis habisnya walaupun medannya tidak seberat jalur Gunung ayek ayek, kami baru sampai di rumah Pak Sulis (porter) sekitar jam 7.30 malam untuk menumpang tidur sebelum kembali esok ke Jakarta. Selamat malam Semeru, mungkin kami akan kembali.

*There are a lot of thing occur along this journey that will remind on our mind, frienship, fun and much more*