Siem Reap – Phnom Penh

Day 1 Phnom Penh-Siem Reap

Siem Reap (19-20 Agustus 2012)

Day2 ;Tujuan utama di Siem Reap adalah Angkor Wat yang terkenal itu, awalnya saya mengarrange untuk berangkat ke Angkor mengejar sunrise 4.30am, tetapi karena kelelahan kami tidak terbangun walaupun sudah dipasang alarm, sehingga tuk tuk yang kita sewa menunggu kurang lebih 1 jam dan akhirnya sunrise trip dibatalkan, jadilah kami berangkat jam 8 pagi setelah sarapan.

1 day pas angkor

Kawasan Angkor sangat luas, dan karena kami hanya punya waktu 1 hari, kami hanya mengambil 1 day pass $20 dan mengamil tour small circuit yang meliputi candi candi yang cukup terkenal (red line pada map angor wat)

Candi pertama yang kami tuju adalah Bayon, sayang candi ini sudah banyak reruntuhan dimana mana.

Bayon temple
bayon temple
bayon

Dari candi ini kami berjalan menuju candi Baphuon,Phimeanakas and beberapa candi candi kecil.

Baphuon
Phimeanakas

Kawasan angkor thom ini sangat luas, sehingga sangat tidak memungkinkan ditempuh untuk berjalan kaki, transport yang dapat digunakan dalam kawasan adalah tuk tuk dan sepeda. Sebelum makan siang, kami singgah ke candi Ta Prohm, candi tempat syuting film Tom Raider yang dibintangi oleh Angelie Jolie pernah dilakukan. Yang unik dari candi ini adalah candi ini seolah olah tumbuh dibawah pohon raksasa.

Ta Prohm
Ta Prohm
Ta Prohm

Setelah kurang lebih 4 jam mutar mutar dalam kawasan candi, kami memutuskan untuk makan siang, baru kembali menuju candi  angkor wat.  Makan di kawasan Angkor sendiri cukup mahal, satu porsi paling murah $5 tetapi karena kita tidak punya banyak waktu untuk kembali ke city, mau ngak mau kita makan dalam kawasan ini, untunglah makanannya lumayan enak dengan harga segitu.

Angkor Wat mungkin candi yang paling sering kita dengar namanya.

Dari jauh stupa2nya mirip dengan stupa2 yang ada di candi Prambanan. Angkor Wat sedang direnovasi saat kami ada disana, sehingga kami memutuskan untuk tidak masuk kedalam candinya, jadi kami hanya perphoto di dalam kawasan taman Angkor Wat yang cukup luas.

Angkor wat

Setelah puas putar putar candi, kami kembali ke kota dengan tuk tuk, membeli tiket bus untuk kembali ke Phnom Penh. Sebelum kembali ke homestay untuk mandi dan siap siap balik ke Phnom Penh, kami mutar mutar Siem Reap dan singgah di Central Market untuk melihat oleh-oleh, tapi most of barang disini adalah barang import dari Thailand.

signboard siem reap
pub street
central market

Pukul 5.30pm,  kami sudah berada di  pool bus Capitol menunggu bus yang akan membawa kami kembali ke Phnom Penh. Dalam perjalanan ini, bus yang kami tumpangi sempat rusak ditengah jalan, untungnya belum terjalu jauh dari Siem Reap, sehingga kami menunggu kurang lebih 1 jam menunggu bus pengganti dari Siem Reap, kebayang nggak sih kalo bus rusak di pertengahan Phnom Penh-Siem Reap???

Sebenarnya rencana awal saya adalah mengambil bus malam dari Siem Reap-Ho Chi Minh City, tetapi dari reserach di web web travelling, tidak ada yang menyarankan untuk mengambil jalur ini, karena agak berbahaya dan jalanpun belum begitu bagus sehingga saya memutuskan untuk menginap di Phnom Penh dan mengambil bus Phnom Penh-HCMC keesokan harinya. Kami tiba di Phnom Penh kurang lebih pukul 12.30 malam, dan segera check in ke hostel capitol, tepat di pool perhentian bus kami dari Siem Reap.

Day 3 – Phnom Penh

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s